Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

PROFIL LPPM

UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU

 

Universitas  Dehasen Bengkulu dalam usia ke 5  tahun  sudah membenahi diri baik dalam pengelolaan maupun out put sarjana yang dilahirkan. Seiring dengan hal tersebut, kepercayaan masyarakat pun semakin tinggi sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya ke jenjang yang lebih tinggi. Di samping itu, yang membuat Universitas Dehasen Bengkulu  menjadi perhatian istimewa adalah letak lokasinya yang sangat  strategis, tidak jauh dari pusat keramaian dan pusat kota. Gedung kampus yang megah dengan halaman yang luas serta dilengkapi dengan panggung terbuka untuk kegiatan pertunjukan, mempunyai  areal parkir yang luas. Fasilitas-fasilitas perkuliahan sangat refresantatif  sehingga memberikan kenyamanan mahasiswa belajar dan dosen mengajar. Memiliki fasilitas internet gratis yang membuat mahasiswa semakin betah belajar dan  berorganisasi di kampus Universitas Dehasen Bengkulu

Universitas Dehasen Bengkulu  (Unived) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Bengkulu, berdiri tanggal 21 Juli tahun 2008, berada di bawah naungan Yayasan Dehasen Bengkulu. Universitas yang beralamat di jalan  Meranti Raya No. 32 Sawah Lebar Bengkulu  memiliki  8 Fakultas dan 18  program studi , 14 program studi jenjang  Strata Satu (S1) dan 4 program studi jenjang Diploma Tiga (D3). Ke delapan Fakultas tersebut adalah Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu-ilmu Sosial,  Fakultas Teknik, dan Fakultas  Ilmu Pendidikan dan Fakultas Sastra.  Program pengembangan Universitas Dehasen Bengkulu diarahkan pada keluaran dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang pendidikan, sampai tahun ajaran 2013/2014 Unived telah menghasilkan lulusan sejumlah ………….. orang. Sedangkan dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Dehasen Bengkulu memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

 

  1. Tugas LPPM Universitas Dehasen Bengkulu

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Dehasen Bengkulu  mempunyai 2 bidang yaitu Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, mempunyai tugas utama yaitu melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi Dosen dan Mahasiswa Universitas Dehasen Bengkulu. Selain tugas utama lembaga  terus berupaya melakukan berbagai inovasi penelitian dan pengabdian dalam rangka mendukung upaya Universitas Dehasen menuju Universitas berkualitas di Indonesia dan Internasional. Untuk mendukung pencapaian tersebut, perlu dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah,swasta dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

 

  1. VISI.

LPPM Universitas  Dehasen menjadi lembaga yang unggul dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang sains, teknologi, dan seni, serta berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan International, berlandaskan nilai-nilai integritas, kualitas, dan inovasi yang tinggiserta berwawasan Lingkungan.

 

  1. M I S I
  • Membangun karakter bangsa melalui penyelenggaraan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitasdan berwawasan Lingkungan
  • Menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, serta mengembangkan unit-unit kajian akademik di lingkungan universitas yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional, regional, dan internasional.
  • Memupuk tumbuhnya sinergi, baik di dalam maupun di luar Universitas Dehasen, dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mengembangkan payung Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis IPTEKS;
  • Mengembangkan penelitian-penelitian unggulan dan meningkatkan kiprah Universitas Dehasen dalam hal penelitian dan publikasi ;
  • Mengupayakan perolehan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) Dosen maupun mahasiswa;
  • Mendorong Iekonomi dan industrialisasi pedesaan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna;
  • Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi kehidupan lokal, nasional, internasional, dan kemanusiaan;

4. TUJUAN :

  • Mengembangkan penelitian dan pengbdian kepada masyarakat beserta sarana dan prasarananya agar dapat tercapai pengembangan LPPM sebagai inspirator,inovator pembangunan baik lokal regional maupun nasional.
  • Menciptakan atmosfir akademik kelembagaan yang kondusif untuk kegiatan, pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Lingkungan.
  • Menciptakan sumber daya peneliti yang kreatif, produkfif, kompetitif, proaktif yang mengedepankan kerja tim / institusi dan yang mampu menerapkan produk penelitian bagi kepentingan masyarakat pengguna(stake holder)
  • Menciptakan dan meningkatkan kerjasama intra universitas, antar universitas, antar lembaga di tingkat lokal,regional,nasional dan internasional.

 

  1. Pola Ilmiah Pokok Berbasis Lingkungan

Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya, Universitas Dehasen Bengkulu  senantiasa  tanggap  dalam menangkap dan menyikapi isu-isu yang bersifat kekinian. Hal itu menyebabkan Unived  mempunyai kepeduliannya terhadap fenomena yang berkembang di masyarakat,  dapat diartikan bahwa seluruh kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh seluruh prodi atau unit-unit yang ada di Universitas Dehasen selalu dikaitkan dengan kepedulian terhadap lingkungan. Atau seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Dehasen berbasis kepedulian, pengendalian, dan pelestarian terhadap lingkungan. Pengertian  lingkungan yang dimaksudkan di sini adalah segala situasi, kondisi, dan konsekuensi lingkungan dan sekitarnya merupakan tanggung-jawab civitas akademika Universitas Dehasen untuk membangun, menjaga, dan melestarikan lingkungan tersebut menjadi lebih kondusif .

Universitas Dehasen berusaha meningkatkan pengelolaan lembaga, kinerja para petugas, dan kualitas keluaran berupa hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini sangat penting dan secara terus-menerus diupayakan untuk mewujudkan LPPM benar-benar mampu mengemban tugas dan mengembangkan tri dharma di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Intensitas pengembangan bidang penelitian dan kepabdian kepada masyarakat akan memberi kontribusi terhadap kualitas institusi dan Universitas Dehasen semakin dipercaya oleh masyarakat umum.

Dalam upaya peningkatan mutu dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, LPPM Universitas Dehasen dilengkapi pula dengan fasilitas-fasilitas pendukung seperti beberapa laboratorium. Laboratorium-laboratorium tersebut dimanfaatkan dan dikelola oleh masing-masing fakultas.

Medokumentasikan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dosen maupun mahasiswa dipandang sangat penting dilakukan. Perpustakaan Universitas  adalah tempat pendokumenan hasil-hasil penelitian tersebut. Wadah publikasi dari hasil-hasil penelitian tersebut  adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh masing-masing Fakultas yang ada di Unived. Di samping itu pendokumentasian sekaligus publikasi hasil penelitian dapat dilakukan melalui media internet yakni Website Universitas Dehasen Bengkulu.

 

  1. Fungsi LPPM dalam Pengelolaan Universitas Dehasen

Dalam menjalankan tugas di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, LPPM berfungsi:

  1. Membantu pimpinan Universitas menyelesaikan tugas-tugas dalam bidangnya.
  2. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian dosen dalam setiap tahun berupa penelitian individu, kelompok (antar bidang), dan multidesiplin ilmu, baik yang dibiayai sendiri oleh dosen, biaya universitas, hibah dari pemerintah maupun donasi lainnya.
  3. Merencanakan dan melakukan kegiatan pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen.
  4. Mendata/mendokumentasikan dan mengevaluasi kegiatan penelitian yang dilakukan dosen dan rekomendasi untuk dipublikasi serta kemungkinan tindak lanjut pengabdian kepada masyarakat.
  5. Melayani mahasiswa dan dosen dalam proses izin dan/atau penelitian kepada instansi pemerintah dan/atau swasta yang dijadikan objek penelitian.
  6. Merencanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengabdian dosen dan/atau mahasiswa, baik pengabdian antar bidang, multi, termasuk desa binaan.
  7. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan atau sejenisnya yang diikuti oleh mahasiswa dari semua Fakultas.
  8. Mendata, mendokumentasikan, dan  mempublukasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  9. Merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik dengan pemerintah maupun pihak swasta.
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Di samping fungsi dan tugas pokok yang harus dijalani sesuai dengan job description, ada tugas lain yang sangat penting dan utama diemban oleh LPPM Dehasen adalah memotivasi, mendorong dan memberi ruang dan waktu kepada dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya. Apabila kebiasaan dan kemahiran meneliti dan mengabdi dari para dosen dan mahasiswa, maka akan tercipta iklim dan budaya meneliti dan mengabdi di kalangan dosen dan mahasiswa di Universitas Dehasen sehingga akan banyak penemuan hasil penelitian yang dapat diabdikan kepada masyarakat dan bangsa.

  1. Fungsi Bidang Penelitian

Dalam melaksanakan tugas–tugas berkaitan dengan penelitian, LPPM  dibantu oleh bidang penelitian yang berfungsi:

  1. Merencanakan pelaksanaan penelitian dosen dan melakukan evaluasi tahunan.
  2. Melakukan proses administrasi penelitian dosen dan /atau mahasiswa.
  3. Melakukan pendataan, dokumentasi,dan publikasi penelitian.
  4. Membantu dan memperbaharui berbagai pedoman/ketentuan penelitian.
  5. Membuat/ mempersiapkan instrument kelengkapan kerjasama penelitian.
  6. Melakukan tugas-tugas lain yang dilakukan oleh Ketua LPPM. Dalam menjalankan tugas dan fungsi tersebut, bidang penelitian dibantu oleh kelompok-kelompok kajian yang melibatkan dosen sesuai bidang masing-masing.
  7. Fungsi Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

Dalam melaksanakan tugas-tugas berkaitan dengan pengabdian, LPPM dibantu oleh Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat yang berfungsi:

  1. Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Melakukan pendataan, dokumentasi, dan publikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat baik yang dilakukan dosen dan/atau mahasiswa.
  3. Mengkoordinasikan dan mempersiapkan pelaksanaan pengabdian antar bidang, desa binaan, dan kuliah kerja nyata atau sejenisnya.
  4. Membuat/memperbaharui pedoman/ketentuan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Membuat dan mempersiapkan instrument/kelengkapan kerjasama pengabdian kepada masyarakat.
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan ketua LPPM.

Untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsinya, LPPM dipimpin oleh ketua LPPM yang bertanggungjawab kepada Rektor. Ketua LPPM dibantu oleh Kepala Bidang Penelitian dan Kepala Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat beserta staf. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Ketua LPPM berkoordinasi dengan Wakil Rektor I dan Pimpinan Fakultas di lingkungan Universitas Dehasen Bengkulu.

 

  1. Pelaksanaan Kegiatan dan Kerja Sama.

Terkait dengan tugas pokok dan fungsinya, LPPM telah melakukan  beberapa kegiatan penelitian dan pengabdian masyaraka baik yang dibiayai Universitas, pemerintah maupun  kerjasama dengan pihak-pihak lain. Penelitian yang dibiayai Universitas dilakukan setiap tahun meliputi penelitian individu, penelitian kelompok, dan kelompok kajian. Sedangkan penelitian yang dibiayai pemerintah (Hibah) dilakukan dengan kompetensi Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Pada Tahun 2011 LPPM berhasil mendapatkan Hibah Dikti sejumlah 2 penelitian meliputi penelitian Fundamental, Hibah bersaing Dosen Muda. Sedangkan pada tahun 2012 berhasil memperoleh Hibah Dikti sejumlah 1 penelitian berupa penelitian Dosen Muda. Tahun 2013 LP2M berhasil mendapatkan Hibah Dikti sejumlah   3 penelitian meliputi penelitian Fundamental, dan Tahun 2014 berhasil mendapatkan  6 peneliti dosen Muda. Untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian, LPPM  bersama Fakultas yang ada di Universitas Dehasen mengelola jurnal yang disesuaikan dengan disiplin ilmu yang ada.

  1. Pengelola LPPM Universitas Dehasen

Sesuai dengan struktur dan fungsi kelembagaan, LPPM membidangi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Para pengelola LPPM Universitas Dehasen  sejak berlakunya SK Rektor Nomor: 001/UNIVED/A-4/I/2015 tertanggal 01 Januari 2015 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Struktural dan Mutasi Karyawan di Lingkungan Universitas Dehasen, maka Para pengelola LPPM Universitas Dehasen adalah :

 

Ketua LPPM                                                                  :  Ir. H. Jusuf Wahyudi, M.Kom.

Sekretaris                                                                       :  Mujiono, M.Si.