Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Inggris didirikan pada tanggal 3 Juli 2013 berdasarkan SK Rektor No. 164/UNIVED/A-5/VII/2013. UPT Bahasa Inggris dipimpin oleh seorang Kepala dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor Universitas Dehasen Bengkulu. Pendirian UPT Bahasa Inggris didasarkan atas kebutuhan peningkatan layanan pendidikan dan pelatihan Bahasa Inggris civitas akademika baik dosen/karyawan, mahasiswa dan masyarakat luas pada umumnya. Disamping itu juga, guna meningkatkan kemampuan kompetensi lulusan Universitas Dehasen Bengkulu melalui program pendidikan dan pelatihan yang paling strategis, efektif, komprehensif dan relevan. Maka dibentuklah suatu unit yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas berbahasa Inggris sebagai salah satu bahasa penunjang dalam pendidikan.

Visi

Ada beberapa visi yang ingin dicapai oleh UPT Bahasa Inggris, diantaranya:

  1. Menjadi sebuah unit terkemuka dan terpercaya dalam pusat pengembangan dan pelatihan bahasa serta pelayanan kebahasaan Inggris di Bengkulu.
  2. Menjadi pusat komunikasi dan informasi yang unggul di bidang bahasa baik secara nasional maupun internasional.

Misi

Misi yang ingin diselenggarakan oleh UPT Bahasa Inggris adalah:

  1. Menciptakan sumber daya manusia yang handal dan mampu menguasai bahasa Inggris sebagai alat komunikasi internasional melalui proses belajar mengajar yang efektif dan efesien.
  2. Menyelenggarakan dan memfasilitasi pelatihan, seminar, workshop, tes dan penerjemahan bahasa Inggris.
  3. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Universitas Dehasen Bengkulu baik secara lisan maupun tulisan.
  4. Meningkatkan standar mutu pengajaran mata kuliah wajib umum bahasa Inggris di Universitas Dehasen Bengkulu

Fungsi UPT Bahasa Inggris

  1. Sebagai unit pelayanan bahasa Inggris yang disediakan Universitas Dehasen Bengkulu, terutama bagi seluruh civitas akademika.
  2. Sebagai unit pelayanan bahasa yang berfungsi sebagai unit pengembangan bahasa yang mampu bersaing di tingkat global.
  3. Sebagai unit penyelenggara layanan jasa dan kegiatan tes bahasa Inggris seperti tes TOEFL, tes kemampuan dasar bahasa Inggris bagi mahasiswa baru, jasa penerjemahan bahasa Indonesia-Inggris/Inggris-Indonesia, dan kursus/pelatihan bahasa Inggris bagi civitas akademika maupun masyarakat umum.
  4. Sebagai unit pelaksana teknis yang berfungsi untuk meningkatkan dan memperbaiki standar mutu pengajaran bahasa Inggris di Universitas Dehasen Bengkulu.

Tujuan UPT Bahasa Inggris

1.1  Membantu setiap jurusan dan program studi di Universitas Dehasen Bengkulu dalam menyelenggarakan pengajaran dan pengelolaan mata kuliah wajib umum bahasa Inggris yang diorientasikan pada materi general english serta disesuaikan dengan tingkat kesulitan antara mata kuliah wajib umum bahasa Inggris I, II dan mata kuliah keahlian bahasa untuk fakultas-fakultas diluar jurusan sastra Inggris yang meliputi:

  1. Fakultas Ilmu Komputer
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Ilmu Sosial
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  7. Fakultas Hukum

1.2  Memberikan pelatihan dan kursus bahasa Inggris bagi civitas akademika Universitas Dehasen Bengkulu maupun masyarakat umum, materi yang diberikan berupa materi General English, Conversation, TOEFL, TOEIC, IELTS, atau Academic Writing yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta. Sebagaimana diketahui keahlian Bahasa Inggris dan sertifikat keahlian Bahasa Inggris seperti: TOEFL, TOEIC, dll telah dijadikan prasyarat seleksi di dunia pendidikan maupun seleksi kerja di perusahaan, lembaga maupun instansi pemerintah.

1.3 Memberikan Pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan Universitas Dehasen Bengkulu yang merupakan suatu usaha meningkatkan tenaga profesional yang mampu menghadapi tantangan era globalisasi. Dalam pelaksanaannya pelatihan ini diharapkan mampu membantu karyawan Universitas Dehasen Bengkulu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan dalam bahasa Inggris untuk menjadi professional.

1.4 Memberikan bimbingan  dan pelatihan/kursus persiapan bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk mempelajari peluang  studi ke luar negeri.

Views: 5983