Bengkulu, UNIVED Bengkulu – Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Dehasen Bengkulu (FIS UNIVED Bengkulu) menggelar seminar tentang kesehatan mental dan perawatan diri, Sabtu (9/12/2023). Seminar bertajuk “Kulit Sehat, Mental Hebat: Mengatasi Insecure dengan Merawat Diri” digelar di Aula Lt. 4 Kampus 1 UNIVED Bengkulu.

Kegiatan digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mahasiswa terhadap kesehatan mental dan juga memahami konsep perawatan diri. Peserta yang hadir terdiri dari 200 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan juga masyarakat umum.

Dekan FIS UNIVED Bengkulu, Dra. Maryaningsih, M.Kom., mengemukakan apresiasi terhadap pelaksanaan seminar. Beliau menyampaikan bahwa tema yang diambil cukup menarik dan sangat diperlukan di era sekarang. Hal ini tak luput dari perlunya kesadaran kaum muda mengenai kesehatan mental demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan dan lebih sadar pada diri sendiri.

”Saya mengapresiasi kegiatan yang digelar ini karena mengusung tema yang menarik dan mendorong mahasiswa untuk lebih peduli terhadap kesehatan mental dan perawatan diri. Selain itu, harapan saya nantinya rekan-rekan yang hadir lebih sadar akan kesehatan mental. Pesan saya, cari teman cerita atau konsultasi pada ahli jika sedang menghadapi masalah,” tutur Dekan FIS UNIVED Bengkulu tersebut.

Selaras dengan hal tersebut, Dr. Citra Dewi, M.Pd., Wakil Rektor IV UNIVED Bengkulu, juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya seminar tentang kesehatan mental dan perawatan diri. Apresiasi juga disampaikan pada dosen pengampu mata kuliah dari Program Studi Ilmu Komunikasi karena terselenggaranya seminar merupakan hasil pembelajaran Mata Kuliah Periklanan.

”Apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh panitia dan dosen pengampu mata kuliah karena mengimplementasikan apa yang dipelajari di kelas dan dijadikan sebuah projek bagi mahasiswa. Selain itu, apresiasi juga mengenai tema yang diusung. Tentu harapan kita bersama kita bisa mengelola kesehatan mental dan merawat diri dengan optimal dan seimbang,” ujar Dr. Citra Dewi. ”Selanjutnya, saya nyatakan kegiatan seminar resmi dibuka,” pungkasnya membuka acara seminar.

Narasumber yang dihadirkan terdiri dari pakar yang membidangi isu yang diusung dalam seminar yakni mengenai perawatan diri khususnya perawatan kulit serta pakar kesehatan mental. Masing-masing pakar mengemukakan materi secara interaktif.

Narasumber pertama, Wiwit Nofridiansari, selaku Beauty Promotor Wardah Cosmetics menjelaskan mengenai pentingnya merawat kesehatan kulit. Hal ini tak bisa dilepaskan dengan penampilan dan bermanfaat untuk mengingkatkan kepercayaan diri.

“Insecure bisa ditekan dengan merawat diri. Khususnya perawatan kulit dapat meningkatkan kepercayaan diri karena merepresentasikan kepribadian seseorang. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan make up maupun hal-hal yang berkaitan dengan perawatan kulit lainnya,” tutur Konsultan perawatan kulit tersebut.

Sementara itu, materi mengenai kesehatan mental disampaikan oleh Psikolog dari RSKJ Soeprapto Bengkulu, Wendri Surya Pratama, M.Si. Psikolog yang lahir di Padang tersebut mengemukakan bahwa kesehatan mental tidak hanya berkaitan dengan emosi melainkan juga berkaitan dengan pengendalian diri dan cara berpikir dalam menghadapi suatu masalah.

”Sebagai individu, kita semua pasti sering menemui hambatan. Hambatan yang dihadapi bukan untuk dipikirkan mendalam, namun lebih baik jika diuraikan dan dihadapi agar selesai. Hal ini bisa dimulai dari identifikasi diri dan mencoba mengatasinya dengan menjalin hubungan yang suportif dengan orang yang tepat atau datang psikolog,” ujar Psikolog RSKJ Seoprapto tersebut.

Seminar digelar berkat kerja sama antara Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Dehasen Bengkulu, RSKJ Soeprapto Bengkulu, serta Wardah Cosmetics.

Visits: 45

 

Tags: , , , ,