Profil Program Studi Teknologi Pangan (D3)

Program Studi Teknologi Pangan mempelajari ilmu tentang teknik pengolahan bahan pangan agar dapat mencapai proses pengolahan yang efisien dan mampu menghasilkan produk pangan yang sehat, aman, menarik dan bernilai ekonomi tinggi. Proses pembelajaran di Program Studi Teknologi Pangan menekankan pada bidang teknologi pengolahan hasil pertanian (pasca panen) dengan memahami karakteristik fisik, kimiawi, biokimiawi dan biologis pangan dan hasil-hasil pertanian (nabati dan hewani) dan teknologi pengendalian kerusakan bahan mentah (segar) agroindustri selama penyimpanan dan distribusi. Menerapkan ilmu fisika, kimia, biologi, matematika dan teknik dalam sistem operasi dan proses pengolahan pangan dan hasil pertanian untuk menghasilkan produk yang bernilai tambah, bermutu, aman dan sehat. Menerapkan prinsip-prinsip penjaminan dan pengendalian mutu yang berkaitan dengan agroindustri meliputi Good Manufacturing Practises (GMP), HACCP, TQM dan Iso Series. Di program studi ini, mahasiswa secara profesional dituntut agar memiliki kompetensi tinggi dan terampil berwirausaha di bidang teknologi pangan.

VISI  

Terwujudnya Ahli Madya Teknologi Pangan  yang Profesional, Berdaya Saing dan Unggul dalam bidang pengolahan pangan tradisional di Sumatra  tahun 2018.

MISI 

Misi Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Pertanian UNIVED  adalah :

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan keterampilan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang trampil dan berjiwa wirausaha dan mampu menerapkan ilmu pangan;
  • Mengembangkan sikap responsif dan inovatif untuk melakukan pembaharuan dalam bidang pangan khususnya pangan tradisional.
  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian di bidang pengolahan hasil-hasil pertanian serta menjadi wadah kemitraan untuk pengembangan makanan tradisional.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Tujuan umum program studi adalah menghasilkan ahli madya yang berkualitas, berwawasan luas dan terbuka, inovatif dan produktif serta dapat bermasyarakat dengan baik.
Tujuan khusus program studi adalah :

  • Menghasilkan Ahli Madya Teknologi Pangan yang professional, kompeten, cerdas, dan kompetitif serta berakhlak mulia, dan memiliki keunggulan dalam penguasaan dan pengembangan teknologi pengolahan pangan.
  • Meningkatkan dan menghasilkan Ahli Madya yang mampu mengelola pengembangan produk pangan terutama pangan tradisional yang relevan dengan kebutuhan masyarkat serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan kemandirian, budaya kerja, sikap, dan perilaku yang baik dan profesional sehingga peserta mampu mengelola seluruh sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien sehingga mampu memberikan nilai tambah atas pekerjaan yang dilakukannya.
  • Meningkatkan kualitas manajemen dan pengembangan.
  • Membangun kerjasama/kemitraan dengan pemerintah, perusahaan. Lembaga-lembaga, dan semua pihak yang relevan dalam lingkup ilmu Pertanian.