Page 103 - Satuta Renstra Unived 2018
P. 103
Universitas Dehasen Bengkulu
III. ARAH PENGEMBANGAN
PERIODE 2018-2022
1. Evaluasi Pengembangan Periode Sebelumnya
Pada periode 2012-2016, yang merupakan periode awal pengembangan
Univesitas Dehasen Bengkulu, prioritas ditekankan kepada penyaman persepsi
pengembangan UNIVED, pelengkapan kebutuhan dasar pengembangan yang
mencakup pelengkapan kebutuhan sumber daya manusia terutama dosen dalam
berbagai bidang ilmu yang dikembangkan; pelengkapan prasarana dan sarana
untuk menunjang pelaksanaan Tridarma; peletakan dasar-dasar kegiatan
pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
penyediaan sistem informasi manajemen terutama untuk menunjang kegiatan
administrasi akademik serta pengembangan budaya untuk memberikan
pelayanan terbaik.
Oleh karena kegiatan pengembangan perguruan tinggi merupakan kegiatan
yang berkelanjutan; maka capaian pengembangan pada periode ini akan sangat
mempengaruhi pengembangan periode mendatang; dan bahkan kegiatan
pengembangan periode mendatang sangat tergantung pada hasil kegiatan
pengembangan periode ini. Secara ringkas, evaluasi capaian pengembangan
UNIVED periode 2012-2016 adalah sebagai berikut:
Visi, Misi dan Tujuan Universitas Dehasen belum sepenuhnya dipahami
civitas akademika; oleh karena itu perlu terus disosialisasikan dengan baik
kepada seluruh civitas akademika maupun stakesholder untuk mendapatkan
persepsi dan upaya pengembangan yang sama.
Animo calon mahasiswa masuk UNIVED, terutama Program Studi
Komputer dan Ekonomi cukup tinggi; meskipundemikian, sejalan dengan
program pengembangan Program Studi baru; kegiatan promosi perlu terus
ditingkatkan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan animo calon
mahasiswa dengan memanfaatkan program bidik misi, program beasiswa dan
keunggulan-keunggulan yang dimiliki UNIVED lainnya. Sejalan dengan itu,
peningkatan kualitas Program Studi melalui peningkatan administrasi dan
manajemen perlu terus ditingkatkan.
Dalam bidang sumberdaya manusia, kegiatan pemenuhan jumlah tenaga
pendidik belum sepenuhnya berhasil; oleh karenanya perlu terus ditingkatkan.
Penambahan jumlah tenaga pendidik pada berbagai bidang ilmu diperlukan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga dosen terutama untuk Program Studi baru
yang direncanakan dibuka/dikembangkan. Selain itu, peningkatan kualitas dosen
melalui peningkatan pendidikan formal (S2 dan S3), peningkatan jabatan
akademik maupun pelatihan, seminar, atau lokakarya perlu terus dilakukan
untuk dapat memenuhi standar kualitas.
Sejalan dengan kebijakan pengembangan Program Studi /pembukaan
Program Studi baru dan pengembangan sumberdaya manusia, pemenuhan
prasarana berupa ruang kantor/administrasi, ruang dosen maupun ruang kuliah
Rencana Strategis Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2018-2022 4