Bengkulu, Dehasen – Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Universitas Dehasen Bengkulu (UNIVED Bengkulu), Dr. Citra Dewi, S.Pd., M.Pd, diundang menjadi pembicara pada acara Talkshow yang digelar oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Senin (13/11/2023).

Talkshow dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan disiarkan secara langsung di Himpaudi TV. Dalam gelaran tersebut, isu yang diusung yakni Literasi Numerasi dengan tema “Strategi Pengembangan Literasi Numerasi di PAUD. Talkshow dipandu oleh Dewi Agustiana, M.Pd., salah satu pengurus Himpaudi Pusat.

Dr. Citra Dewi yang juga menjadi Fasilitator Sekolah Penggerak/Pelatih Ahli serta Asesor BAN PAUD dan PNF Provinsi Bengkulu menyampaikan materi mengenai numerasi awal bagi Anak Usia Dini yang berkaitan dengan kemampuan tidak hanya pada berhitung melainkan juga penalaran matematika yang fleksibel dan implementatif.

Beberapa hal yang ditekankan yakni berkaitan dengan kecakapan dan matematika yang tak lain berupa bagian dari numerasi awal meliputi komunikasi, hubungan, penalaran, dan penyajian. Melalui tahapan tersebut, maka kemampuan anak akan terasah. Selain itu, hal lain yang digarisbawahi yakni orang tua perlu mendukung anak agar terlibat aktif di lingkungannya, membantu mengamati, mengelola, dan menemukan makna dari lingkungan, serta memberikan pijakan awal bagi anak agar belajar menalar, menghubungkan ide, serta berpikir logis.

Melalui kegiatan tersebut, Wakil Rektor IV tersebut mengajak orang tua serta guru untuk mengedepankan mengasah kemampuan anak untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

Visits: 47

 

Tags: , , , ,