KOMPAS.com — Jejaring sosial Facebook telah memantau dan mempelajari kebiasaan pengguna dalam memberi komentar, dan memilih konten yang diklik.
Sekarang, Facebook bakal memantau gerakan kursor di layar yang diarahkan dari mouse yang dipakai pengguna.
Kepala Analis Facebook Ken Rudin mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa perusahaan akan melakukan beberapa langkah baru untuk meningkatkan pelacakan pengguna.
Nantinya, Facebook akan memantau berapa lama kursor berada di sekitar iklan yang dipublikasi dan metode pelacakan lainnya. Data baru yang dikumpulkan ini dapat membantu Facebook untuk meningkatkan penjualan iklan.
Saat ini, metode pelacakan semacam itu belum diterapkan dan Facebook masih mempertimbangkan untuk menerapkannya dalam layanan.
Metode melacak kursor di layar telah diterapkan oleh Shutterstock yang menyediakan konten foto, gambar kreatif, dan video. Situs jejaring sosial ini melacak bagaimana pengguna membawa kursor di atas gambar yang ditaksir, sebelum memutuskan untuk membeli gambar tersebut.
Sumber : tekno.kompas.com