Bengkulu, Dehasen – Universitas Dehasen Bengkulu (UNIVED Bengkulu) menggelar bazar kewirausahaan bagi mahasiswa. Bazar digelar di Halaman Utama Kampur 1 UNIVED Bengkulu pada Sabtu (2/12/2023).

Bazar Kewirausahaan digelar dalam rangka implementasi mata kuliah Kewirausahaan bertajuk “One Day Enterpreuner” ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari tujuh program studi yang tersebar di semua Fakultas UNIVED Bengkulu. Mahasiswa secara berkelompok membuat produk untuk dijual di bazar yang digelar.

Dalam bazar yang digelar, mahasiswa memasarkan produk unggulan yang dibuat baik berupa makanan, minuman, maupun barang-barang hasil kreativitas lainnya. Selain itu, mitra rekanan juga menggelar stand dan memasarkan produk masing-masing mulai dari Bank Bengkulu, PT. Amanie Internasional yang memasarkan kosmetik, serta Desa Binaan yang menjual produk UMKM warga setempat.

Bazar kewirausahaan ini digelar berkat kerja sama antara UNIVED Bengkulu, Bank Bengkulu, PT. Amanie Internasional, BDMPTSP Provinsi Bengkulu, Yayasan Azzahruby serta UMKM Belirang Maju dari Desa Belitar Sebrang dan Desa Lawang Agung Seluma yang tak lain adalah Desa Binaan di bawah naungan universitas.

Yanto Effendi, S.E., M.M, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan bazar kewirausahaan bertujuan agar ilmu yang didapat di kelas mampu dimplementasikan dalam bentuk produk usaha. Hal ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa entrepreneur dan berwirausaha.

Ketua Yayasan Dehasen, Dr. Drs. Bando Amin C. Kader, M.M. menyampaikan bahwa kewirausahaan sangat penting bagi mahasiswa karena dapat mengasah potensi dan membuka peluang kerja. Dengan berwirausaha, mahasiswa akan ditempa di kehidupan nyata dan akan berpikir kritis untuk membuka usaha.

“Melalui gelaran bazar kewirausahaan ini saya berharap dapat mencetak entrepreneur-enterpreneur muda dari Dehasen. Karena dari berwirausaha, rekan-rekan mahasiswa akan ditempa dalam menghadapi kehidupan nyata dan akan terus berpikir kritis sehingga membuka usaha-usaha baru,” tutur Dr. Bando Amin.

Dalam gelaran wirausahawan muda yang dikoordinasi oleh Dra. Asnawati, M.Kom juga memberikan penghargaan bagi produk-produk unggulan yang berkualitas mumpuni dan selaras dengan kriteria penilaian yang telah ditetapkan. Ada pun penilaian dari juri meliputi desain tenant/spot bazar, produk dan kekompakan tim kewirausahaan, serta produk best seller.

Berdasarkan penilaian juri yang terdiri dari Ibu Yohana Andriani dari PT. Amanie Internasional dan Bapak Sudirman mengumumkan juara masing-masing kategori yakni:

Juara Kategori Produk dan Kekompakan:

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Ilmu Kesehatan

Juara Kategori Desain Stan:

  1. Fakultas Pertanian
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Juara Kategori Best Seller:

  1. Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial
  2. Fakultas Ilmu Komputer

Juara Umum:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

Views: 391

 

Tags: , , ,