Asesmen Lapangan Online (Daring) Universitas Dehasen Bengkulu Oleh BAN-PT

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Universitas Dehasen Bengkulu.  Asesmen Lapangan (AL) daring ini adalah yang keempat kalinya di Universitas Dehasen selama masa pandemi Covid-19. Sebelum Asesmen Lapangan (AL) Daring terhadap Institusi Universitas Dehasen Bengkulu, BAN-PT telah melakukan Asesmen Lapangan (AL) Daring terhadap Program Studi Administrasi Publik, Program Studi Pendidikan Guru PAUD dan Program Studi Pendidikan Jasmani.

Dalam Asesmen Lapangan (AL) Daring terhadap Institusi Universitas Dehasen Bengkulu ini, BAN-PT menugaskan Tim Asesor yang terdiri 4 (empat) orang yaitu:

  1. Muhammad Iqbal Djawad, Ir., M.Sc., Ph.D dari Universitas Hasanuddin
  2. Prihandoko, Dr.,S.Kom.,MIT. dari Universitas Gunadarma
  3. Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum.,Dr. dari Universitas Sebelas Maret
  4. Hery Winarsi, Dr. MS. dari Universitas Jenderal Soedirman

Kegiatan asesmen lapangan (AL) daring ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 30 November 2020 s/d 01 Desember 2020.

Di hari pertama Senin, 30 November 2020 agenda kegiatan asesmen lapangan (AL) daring ini diantaranya: 1) pembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan. 2) Konfirmasi terkait: kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi. 3) Penetapan data LKPT final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif. 4) Konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas SPMI yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala dan bukti tindak lanjut hasil SPMI. 5) Konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) / Buku III. 6) Konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi); 7) Konfirmasi terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan dari stakeholders external terkait luaran perguruan tinggi.

Hari kedua Selasa, 01 Desember 2020 agenda kegiatan asesmen lapangan (AL) daring dilanjutkan dengan kegiatan diantaranya: 1) Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen. 2) Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan. 3) Konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa. 4) Penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi. 5) Penyampaian Berita Acara ke Pimpinan Perguruan Tinggi dan Pengecekkan Berita Acara asesmen lapangan oleh pimpinan perguruan tinggi. 6) Penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan dan Penyampaian Rekomendasi Hasil Akreditasi ke perguruan tinggi.