SEMINAR ONLINE S2 KESMAS UNIVED

Sabtu (29/05/21) Universitas Dehasen Bengkulu, dalam rangka merayakan ulang tahun Prodi Magister Kesehatan Masyarakat yang pertama menyelenggarakan Seminar nasional online (Webinar) dengan mengangkat tema  “Essential Health Services : What Should We Do?”. Merupakan hasil besutan mahasiswa Angkatan Pertama Prodi Magister Kesehatan Masyarakat. Seminar Nasional Online ini merupakan gagasan dari Prof. Dr. Adang Bachtiar, MPH, DSc.m selaku Dosen Manajemen Strategis dan Mutu Pelayanan Kesehatan. Webinar ini bertujuan optimalisasi peran dan kontribusi intelektual calon pemimpin masa depan yang dapat mewujudkan pelayanan kesehatan essensial berkualitas, “ ujar Prof Dr. Kamaluddin, SE, MM selaku Rektor Universitas Dehasen Bengkulu dalam membuka acara webinar.

Webinar ini dimulai pukul 13.00 wib dan dihadiri secara virtual oleh 323 peserta yang terdaftar melebihi target peserta 300 orang, ditambah 160 Peserta yang mengikuti webinar melalui Live YouTube “Sahabat Media Kampus” yang diakses dari berbagai daerah seperti Kota Bengkulu, Lubuklinggau, Musirawas Sumatera Selatan, Kota Palembang, Kota Tasikmalaya, Jakarta, Medan, Padang, Kalimantan, Batam dan lainnya, ujar dr. Vini Restu Insani bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

Acara dilanjutkan dengan Welcome Remarks dari Ketua Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Dr. Jon Hendri Nurdan, SKM, M.Kes. “Kami memberikan apresiasi dan dukungan nya kepada para panitia dan visionary discussant untuk membahas empat isu strategis yaitu bagaimana penurunan angka stunting, bagaimana kematian ibu dan bayi, bagaimana pengelolaan sistem JKN serta bagaimana penguatan pelayanan khususnya di FKTP dan FKRTL, ujar Dr Jon.

Pada webinar tersebut hadir sebagai keynote Spekaer Gubernur Bengkulu, Dr.H. Rohidin Mersyah, M.M.A membahas “Peran Kolaborasi Segenap Profesi Tenaga Kesehatan Untuk Memberikan Pelayanan Kesehatan essensial, Sehingga Akan Lebih Mudah Masyarakat Untuk Mengakses Layanan Kesehatan Yang Dibutuhkan”

Selanjutnya materi webinar ini disampaikan oleh 14  mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Peminatan Analisis Kebijakan Kesehatan (AKK). Paparan materi dibagi menjadi dua sesi dimana Ns. Hengki Tranado, S.Kep sebagai MC, dipandu oleh  apt. Meliasi Nora Pratamarta, S.Farm dan dr Vini Restu Insani Sebagai Moderator serta  Visinonary Disscussant  hebat negeri ini yaitu Prof.Dr.Dede Anwar Mukadar, SKM, M.Kes selaku Ketua Komisi Penelitian Litbangkes Kemenkes RI, dr.  Aqsha Azhar Nur selaku Staf Ahli Wamenkes RI, dr. Daeng M Faqih,SH, MH selaku Ketua Umum PB IDI Pusat dan Drs.Apt.Nurul Falah Eddy Pariang, sebagai Ketua PP IAI.

Selain itu acara ini juga dihadiri oleh civitas akademika dari berbagai Universitas diantara nya dari UII Yogyakarta, Universitas Padjajaran, UI, UNSRI, STIFI Bakti Pertiwi dll. Juga dari berbagai instansi pemerintah, yaitu RS , Dinkes , puskesmas, serta organisasi profesi kesehatan baik dari provinsi Bengkulu sendiri maupun dari luar seperti Sumatra Selatan dan sekitarnya, ujar Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Univeristad Dehasen, Dr.Ida Samida,Skp, M.Kes dalam penutupan webinar ini.

Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat memberikan suatu bentuk kontribusi Intelektual di dunia kesehatan, serta hasil webinar akan menjadi masukan strategis bagi berbagai pemangku kepentingan termasuk di pusat daerah dan desa.