Fakultas Sastra

 

Fakultas sastra memiliki Program Studi Sastra Inggris, Program Studi (PS) Sastra Inggris adalah Jurusan Termuda di Universitas Dehasen Bengkulu. Fakultas ini terbentuk pada tahun 2008 bersamaan dengan resmi berdirinya Universitas Dehasen Bengkulu.
PS S1 Jurusan Sastra Inggris ini sekarang diampu oleh staf pengajar tetap dengan kualifikasi S2, S1 , dan beberapa orang pengajar tidak tetap untuk mengajarkan keterampilan kewirausahaan dan pengajaran bahasa Jepang. Staf pengajar ini terbagi dalam 2 kelompok ilmu: kelompok ilmu bahasa (linguistik) dan kelompok ilmu sastra.

Dengan mengedepankan penciiri khas “studi banding” antara kelompok ilmu yang berwawasan nasional dan daerah di satu sisi dan berwawasan Inggris di sisi lain, PS S1 Jurusan Inggris berusaha menghadapi tantangan kebutuhan kompetensi dalam transfer teknologi dan budaya di era globalisasi.
Untuk menyelesaikan studi pada PS S1 Jurusan Sastra Inggris ini, seorang mahasiswa wajib menempuh 146 SKS. Jumlah ini telah mencakup PKL (4 SKS) dan Skripsi (6 SKS). Lama masa studi yang dibutuhkan berkisar antara 4 sampai paling lama 7 tahun.

VISI PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS

Prodi Sastra Inggris Unived memiliki Visi: ”Terwujudnya Program Studi Sastra Inggris yang profesional, berdaya saing, dan unggul dalam bidang Linguistik, Literatur, dan Terjemahan di wilayah Sumatera Bagian Selatan pada tahun 2020”

MISI PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS

Misi Prodi Sastra Inggris adalah penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yaitu :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang memiliki keunggulan di bidang Sastra Inggris untuk mendorong Prodi Sastra Inggris menuju arah center of excellence yang berfokus pada bidang Linguistik, Literatur dan Terjemahan, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan profesional.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang Sastra Inggris yang berfokus pada bidang Linguistik, Literatur dan Terjemahan yang telah diperoleh di dalam pendidikan guna dimanfaatkan dalam praktek.
  3. Meningkatkan kerjasama antara bidang ilmu dengan individu, institusi baik pemerintah maupun swasta sehingga menghasilkan inovasi bagi pengembangan kualitas kehidupan akademik dan prakteknya menuju profesionalitas di bidang Sastra Inggris.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan mutu Prodi dan lulusan Sastra Inggris sesuai dengan perkembangan zaman salah satunya dapat bersaing dalam pasar bebas ASEAN.

TUJUAN PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS
Tujuan Program Studi Sastra Inggris Universitas Dehasen Bengkulu adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk :

  1. Memahami Konsep kebahasaan, kesusasteraan dan kebudayaan Inggris pada khususnya dan masyarakat Internasional pada umumnya.
  2. Menerapkan dan mengaplikasikan kompetensi yang dimiliki sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikannya dalam dunia kewirausahaan dan juga mampu memenuhi kebutuhan tenaga ahli dalam bidangnya.
  3. Bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memberdayakan lingkungan masyarakat dan bangsanya.

PROFIL LULUSAN

Lulusan PS S1 Jurusan Sastra Inggris dapat bekerja hampir disetiap sektor pekerjaan, baik pemerintah maupun swasta, utamanya yang memerlukan jasa kebahasaan untuk transfer teknologi dan budaya. Para lulusan dapat bekerja di Departemen Pendidikan, Departemen Luar Negeri, Departemen Dalam Negeri, Departemen Perdagangan, Lembaga Kewirausahaan Swasta / Asing, dan sektor–sektor pekerjaan, serta kewirausahaan lain yang memerlukan jasa kebahasaan. Dengan sensitivitas tinggi mereka dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang–bidang kerja yang mereka tekuni, sehingga kesempatan untuk meraih prestasi kerja selalu terbuka dalam upaya peningkatan karier mereka .