Fakultas Ilmu Sosial

Website

Fakultas Ilmu Sosial adalah unsur pelaksana Universitas Dehasen (UNIVED) yang mengkaji, mengembangkan, menerapkan ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu sosial dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Fakultas Ilmu Sosial mengelola bidang studi Strata I (S1).

VISI FAKULTAS

Terwujudnya Fakultas Ilmu Sosial yang Profesional, Berdaya Saing dan Unggul dalam bidang Ilmu Komunikasi di Sumatra Tahun 2018

MISI FAKULTAS

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu komunikasi.
  2. Menjadi perguruan tinggi yang memiliki tata kelola yang baik, transparan dan akuntable.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing, serta memiliki keunggulan kompetetif dan komparatif.
  4. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mewujudkan implementasi pelayanan pendidikan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  5. Meningkatkan efektifitas, efisiensi dan produktifitas penyelenggaraan pendidikan tinggi.

 

PROGRAM STUDI :

ILMU KOMUNIKASI

Program Studi Ilmu Komunikasi berorientasi menjadikan mahasiswa yang mandiri, kaya pengalaman belajar, dan tanggap pada perkembangan peranan sosial. Memadukan  Keterampilan, Keahlian, dan Keilmuan menjadi komunikator Professional.

VISI PROGRAM STUDI

Terwujudnya sarjana Ilmu komunikasi yang professional, berdaya saing dan unggul  dalam bidang komunikasi pada tahun 2018.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi di bidang komunikasi.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang ilmu komunikasi.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan lulusan
  4. Meningkatkan kualitas manajemen dan pengembangan
  5. Membangun kerjasama/kemitraan dengan pemerintah, perusahaan. Lembaga-lembaga, dan semua pihak yang relevan dalam lingkup ilmu komunikasi.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Tujuan Umum :
Menghasilkan lulusan yang berkualitas yaitu terampil berkomunikasi dalam bidang Jurnalistik, Penyiaran (Broadcast Journalism) dan Hubungan Masyarakat (Public Relations) serta memiliki dan memahami kode etik profesi.

Tujuan Khusus :

  1. Meningkatkan kemandirian, budaya kerja, sikap, dan perilaku yang baik dan profesional sehingga peserta mampu mengelola seluruh sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien sehingga mampu memberikan nilai tambah yang tinggi.
  2. Mempertajam analisis dalam komunikasi dengan berbagai pendekatan teoritis dan empiris.
  3. Meningkatkan kemampuan meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah komunikasi secara ilmiah dipadukan dengan pengalaman empirik pada taraf kemampuan sikap dan keterampilan

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana yang mampu berfikir kritis, analitik, kreatif dan membantu memecahkan masalah – masalah sosial dalam masyarakat dengan berbagai dampaknya.
  2. Memiliki keahlian berkomunikasi yang Efektif dan Efisien secara lisan dan tulisan dalam situasi Pribadi, Kelompok/ Organisasi, dan Massa.
  3. Memahami konsep dan rekayasa terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi meliputi Fotografi, Strategi Perurnalistian Raio
  4. Memiliki keahlian di bidang kewirausahaan dan berkerjasama dalam kelompok seperti Dunia Pers, Public Relation (PR) atau HUMAS, Broadcast (Presenter/MC) dan kemampuan mengelola media massa secara professional ( Kemampuan ‘Enterprenership’)

PELUANG KERJA :
Lulusan Ilmu komunikasi dapat memiliki peluang kerja yang sangat luas.
Dengan Kompetensi yang dimiliki dapat digunakan dalam bidang pekerjaan di Pemerintahan/TNI/POLRI dan Swasta, seperti Lingkungan PEMDA, BUMN, BUMD, PT / CV, Media Massa Nasional / Lokal ( TV, Radio, Cetak dan Production House ) sebagai Reporter/Wartawan, Kameraman, Presenter/MC bahkan Juru kampanye….
dan lain-lain.